Tuesday, February 5, 2013

Ketua Kelas


Pernahkah Anda menjadi ketua kelas selama Anda bersekolah? Bagaimana rasanya? Senang? Terhormat? Bahagia? Atau merasa seperti pembantu? Kalau saya sih yang terakhir. Saya menghabiskan dan mengabdikan diri selama 8 dari 12 tahun masa pendidikan saya sebagai ketua kelas dan lebih banyak pengalaman tidak enaknya daripada enaknya. Sejak kelas 1 SD hingga kelas 2 SMP saya menjadi ketua kelas dan hingga kini saya ga tau kenapa saya dipilih oleh para wali kelas saya. Seingat saya, wakt kelas 1 SD dulu, saya kurus dan merana dengan rambt berwarna kemerahan seperti anak layangan, tipis dan lepek. Intinya ga ada tampang berwibawa yang bisa membuat siswa lain ketakutan. Dan penampilan itu terus seperti itu hingga saya disunat.
         
             Ketika SD                                                              Sekarang

                Selama menjadi ketua kelas saya merasa lebih sering ga enaknya daripada enaknya. Emang sih saya jadi terkenal dan menjadi contoh di kalangan teman-teman saya. Apa-apa Galih. Apa-apa Galih. Termasuk nyuruh-nyuruh. Yah kalo jaman SD sih ga banyak disuruh, paling-paling cuma  bilang “Duduk yang rapi! Berdoa mulai! Selesai!”. Begitu terus selama beberapa sampai di kelas 6 SD banyak terjadi pertumpahan darah. Ketika kelas 6, saya sudah kehilangan wibawa, baik dari sesama rekan siswa maupun dari guru.
                Jadi ceritanya begini, seinget saya temen-temen saya udah pada mulai nyolot waktu itu apalagi temen-temen yang cowo, mungkin karena udah ada beberapa yang puber jadi mereka mau berontak, ga mau diatur-atur lagi. Saya ga tau mulainya dari kejadian apa tapi yang saya ingat dulu itu sekolah saya punya kebiasaan (biarpun ga rutin) untuk meriksa kuku para siswa, jadi sebelum masuk kelas kami berbaris di luar. Nah yang meriksa kuku-kuku itu adalah saya dengan dipantau oleh wali kelas. Saya memegang penggaris plastik yang 30 centi terus memeriksa kuku teman-teman saya. Karena beratnya tekanan yang ada di pundak saya, akhirnya saya meloloskan teman-teman sepermainan saya dan memukul kuku-kuku teman-teman saya yang bukan sepermainan saya tapi perlu digarisbawahi kalau kuku mereka memang panjang dan kadang hitam karena telor cacing (katanya dulu kan telor cacing ya kalo kuku kita hitam padahal sih bukan). Akhirnya terjadi protes oleh mereka “temen lo itu kukunya panjang Gal”, “coba Gal liat kuku lo! Wah panjang ini! Curang lo gal” bla bla bla. Akhirnya saya cuma diem dan dibela oleh wali kelas saya.
                Terus pada saat itu ada tantenya temen saya yang menawari sekolah saya untuk mengirimi 3 siswanya untuk mengikuti kuis di SCTV. Kalo tidak salah kuis itu Kuis Cerdas Cermat atau semacamnya yang kalau ga salah dipandu oleh Cindy Cenora (aku cinta rupiah! Dengan rambut lidinya yang ke atas itu).
Cindy Cenora

                Nah akhirnya dipilihlah kelas saya yang mengikuti kuis itu. Karena hanya 3 orang yang diminta maka ga bisa semuanya dong yang ikutan. Saya yakin saya terpilih karena saya ketua kelas dan saya selalu ada di rangking 3 besar selama 6 tahun! Tapi semua keinginan menjadi artis cilik pupus sudah. Karena yang mengajak adalah tantenya temen saya, jadi otomatis orang pertama yang pasti diajak adalah ya temen saya yang bodoh itu. Serius. Ga pernah dapet rangking kok! Terus yang kedua adalah temen saya yang rangking 1 padahal teman saya itu baru aja pertama kali jadi rangking 1 padahal sebelumnya dia ga pernah terdeteksi kepintarannya. Jadi tiba-tiba aja pas kelas 6 rangking 1. Saya rasa dia tau kalo bakal ada permintaan kuis jadi dia rela berkorban untuk belajar 24 jam demi rangking 1 dan berakhir dengan dipilihnya dia ikut kuis. Licik! Nah orang terakhir yang terpilih adalah teman saya yang ibunya bekerja di Diknas kalo ga salah. Nah seinget saya kuis itu ada hubungannya dengan diknas atau semacam itulah. Jadi mereka lah yang berangkat. Ketika saya menyiapkan kelas sebelum pulang (jadi ketua kelas harus maju ke depan kelas dan memimpin kelas), wali kelas saya bertanya, “Galih ga apa-apa kan ga dikirim?”. Pertanyaan basa-basi nan bodoh apa ini? Cih! Otomatis saya jawab dengan penuh kemanisan perempuan simpanan, “oh ga apa-apa Bu”. Padahal saya merana saat itu. Dan Anda tau apa yang terjadi dengan tim sekolah saya? KALAH BESAR!!!!! Dan saya pun saat itu ga napsu untuk nonton bareng anak-anak yang lain. Maaf ya lah. Makanya harusnya saya ikut diajak.
                Akhirnya muncul kejadian yang paling heboh bagi saya ketika SD. Jadi ceritanya ada seorang teman perempuan saya (bukan selingkuhan yaa) yang kupingnya mengalami luka berkepanjangan dan memaksa dia memakai jilbab dengan maksud untuk menutupi lukanya itu. Karena saya nakal dan suka gangguin anak perempuan, saya sering ngatain dia “koreng wooo koreng” dan narik-narik jilbabnya. Teman saya itu nangis dan akhirnya merusak (lebih tepatnya menghancurkan) tempat pensil saya yang merupakan hadiah dari Oreo. Kalo ga salah tempat pensil tingkat. Karena waktu tempat pensil itu mahal banget (untuk ukuran saat itu sangat mahal, sekitar belasan ribu) dan saya merengek-rengek minta itu kepada ibu saya sampai nangis kejer dan keluar ingus ijo. Usaha yang pol padahal saya jarang seperti itu dulu. Jadi wajar lah saya marah sama teman saya. Dan tau apa yang saya lakukan untuk membalas dendam? Saya merobek-robek semua buku pelajaran teman saya. Saya robek semua halamannya dan saya rusak jilidannya sampai berserakan. Tapi yang membuat saat itu dramatis adalah saya juga ikut nangis kejer. Teman saya yang perempuan nangis karena digangguin oleh saya, saya pun nangis karena tempat pensil Oreo saya dirusak. Anda taulah ya anak SD seperti apa kalo ada yang berantem. Makin panas, “nah loh nah loh! Anak orang dinangisin”, terus terbagi 2 kubu lah kelas saya saat itu, ada yang membela saya sambil teriak-teriak “Galih Galih Galih... Wooo Bunga Wooo Bunga” (sebut saja Bunga ya), tapi ada juga yang membela si Bunga ini “Bunga Bunga! Woo Galih Woo Galih beraninya sama anak cewe wooo”. Heboh lah itu, saya jerit dan teriak-teriak kaya anak setan dan nunjuk-nujuk ke si Bunga itu. Karena kebetulan kelas saya bersebelahan langsung dengan ruang guru, akhirnya wali kelas saya sampai lari-lari dan marah. Akibatnya kami berdua diseret ke ruang kepala sekolah (RIP Pak Djanta) dan ditanya ada apa. Kami berdua udah selesai nangisnya tapi masih cegukan. Setelah dijelaskan akhirnya saya malah dibilang oleh guru-guru yang ada di situ, “Kamu juga Galih, nangis pula kayak anak cewe, malu dong, ketua kelas juga” Nah ketua kelas lagi dibawa-bawa. Tapi akhirnya kami berdamai bahkan kami berdua sampai sekarang masih rajin menyambung silaturahmi untuk menjaga perdamaian komplek. Ga deeng, sampai sekarang kami berdua bersama beberapa teman SD yang lain masih sering kumpul dan kalo lagi ceritain ini lagi pasti  kami berdua ketawa sengakak-ngakaknya sampe perut sakit, keringetan dan nangis karena saking lucunya.
                Oke jaman SD diakhiri dengan cukup manis. Sekarang beralih ke masa-masa SMP. Waktu baru memulai kelas 1 SMP, biasalah ada pemilihan ketua dan wakil ketua kelas. Saat itu saya terpilih menjadi wakil ketua kelas dan ketuanya adalah anak yang suuuuper badung dan kurang ajar kurang perhatian. Nah sebenernya ga ada sih kejadian yang bener-bener menarik selama kelas 1 SMP. Paling hanya ada dua cerita yang saya ingat. Pertama, ketika itu guru Bahasa Indonesia saya sedang bertanya dan kayanya waktu itu suasana hatinya lagi suram jadi bawaannya kesel. Nah ketika beliau bertanya kepada kami ada yang bisa jawab atau ga, salah satu teman saya ada yang mengangkat tangannya dengan tangan kiri dengan tidak sengaja. Guru saya menjadi marah besar dan menyuruh teman saya untuk keluar kelas. Teman saya tidak bergeming. Ga bergerak sesenti pun kecuali Cuma menunduk. Akhirnya si Ibu Guru itu bilang “Galih, sebagai siswa teladan cobalah kamu itu minta Budi (sebut saja Budi) untuk keluar kelas” Saya pun membujuk dia sambil diperhatikan satu kelas. Untung aja gampang merayunya. Akhirnya saya berhasil membujuknya dan dia duduk sendirian di luar kelas. Omong-omong acuhkan aja soal siswa teladan itu. Haha. Tapi itu bener loh. Nah masih dengan guru yang sama beberapa waktu kemuadian. Saat itu ada PR Bahasa  Indonesia yang belum saya kerjakan. Biasanya saya sih nyontek (bahkan Siswa Teladan pun mengklaim hasil peluh orang lain). Beberapa menit sebelum bel masuk saya sudah kalang-kabut mencari contekan. Akhirnya dapet tapi ga selesai dan ternyata PR-nya dikumpulkan. Daaan saya ga ngumpulin. Guru saya itu kaget. “Wah Galih tidak mengerjakan ya. Galih, kamu maju ya ke depan, Ibu setrap. Nah jarang-jarang ya kita liat Galih di depan. Lumayan kan Siswa Teladan jadi tontonan di depan.” Bayangkan berjam-jam saya harus berdiri depan, sendirian sedangkan guru saya menerangkan pelajaran kepada teman-teman saya. Awalnya saya berdiri di depan tengah karena si ibu ingin menulis di papan tulis, akhirnya saya minggir karena dia juga bilang sih “awas dong, bagaimana ibu nulisnya kalau kamu di tengah?” Sial. Pas selesai saya pun duduk dan si ibu keluar, temen saya yang pernah disuruh keluar itu bilang ke saya “yah Gal, kenapa bisa gitu? Bu Mawar (sebut saja Mawar) kecewa tau tadi sama lo”. Dan saya pun menangis. Oke, itu berlebihan, saya ga nangis.
                Nah ketika kelas 2 SMP, saya naik derajat menjadi ketua kelas. Dan di tingkat ini lah “highlight” karier saya selama menjadi ketua kelas. Baaaanyak banget kasus terjadi selama masa kepemimpinan saya (haha). Yang pertama, kelas saya itu luar biasa berisik. Kayak isinya anak demit semua. Keturunan Omen semua. Bahkan saya pun juga berisik bareng teman-teman saya. Ya ga heran karena pada saat itu saya mengambil duduk di paling belakang tengah. Duduknya pun saya dan ketiga teman saya sering berpindah-pindah tapi masih diantara 4 kursi itu. Isinya ya apalagi kalo bukan ngegosip. Nah kebetula  wali kelas saya yang guru Bahasa Indonesia itu suka ga masuk kalo hari Kamis jam terakhir. Saya lupa alasannya. Nah kalo wali kelas saya itu ga masuk, ga ada guru pengganti atau tugas jadi otomatis kelas saya berisiknya luar biasa. Yang ketawanya kayak setan, yang teriaknya kaya iblis, yang lari-lari kaya demit dibacain ayat Al Quran, pokoknya luar biasa deh. Nah di sebelah kelas saya kebetulan guru Geografi yang juga wakil kepala sekolah. Nah pastinya beliau merasa terganggu, maka seringlah saya setiap Kamis sore dipanggil oleh Bapak itu. Yang manggil ketua kelas sebelah. Kucluk-kucluk saya masuk. Bapak itu, “Siapa yang ngajar?” | Saya, “Pak Adi (sebut saja Adi), Pak” |Bapak itu, “Ga ada tugas memang?” | Saya, “Ga ada Pak” | Bapak itu, “yasudah sana, itu tolong diemkan kelasmu ya”| Gue, “baik Pak”...Kembali lah saya ke kelas terus cuma ingetin teman-teman saya dengan bilang “diem ya”. Udah. Gitu doang. Temen-temen saya ya akhirnya Cuma diem sedetik abis itu ya rame lagi dan saya pun rame lagi. Seeeeetiap Kamis kayak gitu, selalu dipanggil oleh si Bapak Wakil Kepala Sekolah. Sampai suatu hari, si Bapak kembali memanggil saya via ketua kelas sebelah, Bapak itu, “Kamu ini, sampai kapan harus diingetin supaya kelasmu diam, hah?” | Gue, “iya Pak, maaf”..Tapi anehnya kalau pas beliau ngajar Geografi di kelas saya, dia ga pernah tuh ngungkit-ngungkit sekalipun.
                Itu masih biasa. Nah ada cerita lain. Di angkatan saya ada satu cewe yang cantik banget. Hampir semua siswa terutama yang cowo menasbihkan secara ga resmi kalo dia cewe paling cantik satu sekolah. Bahkan saking liarnya pembicaraan tentang dia, muncullah desas-desus kalo dia belasteran londo alias Belanda. Sampai saat ini saya ga tau itu bener atau ga, walopun mungkin juga sih tapi kayanya ga juga sih. Mungkin karena dia keturunan Bukittinggi jadi putih dan cantik. Kan kebanyakan teman saya yang dari Bukittinggi pasti cantik dan putih. Nah jangan heran kalo si Agnes (sebut saja Agnes) ini jadi rebutan sampai suatu ketika ia direbutkan dua cowo di angkatan saya, yaitu Barry dan Prima (sebut saja Barry Prima). Nah kedua cowok ini berebutan Agnes sampe kalo ga salah mereka saling lempar-lemparan batu yang pada akhirnya peristiwa ini sampai ke meja wakil kepala sekolah. Maka oleh bapak wakil kepala sekolah, para ketua kelas (hanya kelas 2 SMP saja) dipanggil ke ruang beliau merembukkan cinta segitiga ini (yah bukan cinta segitiga juga sih). Bayangkan soal naksir-naksiran aja sampe ke meja wakepsek! Pokoknya ketiga orang ini disidang deh selama berjam-jam, kalo ga salah si cewenya sampe menangis. Udah sih sampe situ aja ga berlanjut apa-apa. Tapi kalo ga salah ada tambahan cerita tentang segitiga ini. Salah satu cowo ini menulis surat ke si Agnes dan bilang “Semua cewe dia angkatan kita ***un selain lo Nes” dan ga tau bagaimana tiba-tiba ada salah satu siswi yang tau soal kata-kata ini dan timbullah perpecahan. Si siswi ini (sebut aja Monica) ngamuk-ngamuk di lapangan sambil teriak-teriak ke cowo itu. Serem. Kok sekolah saya serem dan alay amat ya? Haha.
               Kasus itu selesai muncul lagi kasus baru tapi dari kelas saya!! Ya, ke-las sa-ya! Jadi ada seorang guru yang mengajar kami yang ngamuk-ngamuk sambil nangis di kelas dan mukul temen saya pake sapu karena di panggil ‘DORAEMON’ oleh teman saya itu plus ditambah kata-kata “ayo ayo kita pulang makan Dorayaki” karena memang menurut kami mirip Doraemon. Mukulnya sih ga keras cuma sangat emosional dan dramatis. Bahkan saya ingat, bukannya sedih saya malah kepengen ketawa saat itu. Bahkan sekarang ketika mengetik cerita ini saya nyengir loh. Dan gara-gara itu kelas kami disidang oleh guru BK (Bimbingan Konseling) kami. Tapi ujung-ujungnya hanya pengurus kelas yang disidang. Saya ingat kata-kata ibu itu (RIP Ibu M) “Galih, kamu ini kayanya memang tidak bisa mengatur kelas kamu atau gimana? Saya liat kok hampir semua guru mengeluh soal kelasmu” Saya cuma diam. Dan tiba-tiba kami ditanya “Kalo Ibu D itu dipanggil Doraemon oleh kalian, berarti jangan-jangan saya juga punya nama panggilan dong dari kalian?” Eng-ing-eng. Dalam hati saya “Iyalah bu, ibu kan salah satu guru paling killer di sekolah ini dan paling bikin stress, udah pasti kita punya, 1 sekolah punya kali Bu!” tapi saya hanya menjawab dengan jawaban klise “oh tidak ada Bu, kami tidak ada nama panggilan untuk Ibu”, tiba-tiba datanglah guru Bahasa Inggris saya menerobos masuk kelas dan ngomel-ngomel “Iya emang ini Bu M, mereka ini kelas yang badung, nakal, suka bikin guru kesal. Liat itu Ibu D sampe nangis-nangis karena kalian!”. Aduh ini nenek-nenek ngapain deh bikin tambah runyem. Akhirnya kami selesai dan keluar kelas dengan wajah mendung. Tapi yang namanya saya, pulang-pulang di jemputan langsung heboh nyeritain sidang tersebut ke teman-teman saya. Haha.
                Tapi itu belum ada apa-apanya dengan kasus paling menggetarkan dalam karier saya sebagai ketua kelas. Ada satu kasus lagi (ya lagi, banyak kan?) yang lagi dan lagi melibatkan kelas saya. Kali ini ada adegan.....


Nah itu pemelorotannya bukan heboh lagi. Bombastis! Itu terjadi di depan kelas (bukan di luar kelas ya, tapi depan papan tulis) dan teman saya yang dipelorotin itu sampe guling-gulingan mempertahankan martabatnya melalui seonggok celana olah raga (waktu baru selesai olah raga kalo ga salah). Sekeras-kerasnya melawan pencabulan yang dilakukan oleh empat orang, dia pun menyerah dan menyumbul lah....

                                    
                                                      Pantat

Setelah itu selesai, saya dan beberapa teman saya bersikeras dan memaksa dia untuk melaporkan kejadian itu ke wakepsek kami. Menurutlah teman saya itu. Ia melaporkannya bukan ke Komnas Anak tapi ke wakepsek kami. Dan hebohlah. Dipanggilnya teman saya itu bersama ketiga orang teman saya yang lain. Saya juga sempat dipanggil untuk memberikan saksi. Capek yaaa. Saya Cuma bilang apa adanya. “Biasa Pak namanya juga anak-anak” (mulai cari aman saya ini, haha, padahal saya yang memaksa teman saya itu untuk melapor). Parahnya keempat teman saya yang diancam apa? DO! DROP OUT! Parah kan? Saya dan beberapa teman tidak menyangka akan sejauh itu desakan kami ke teman saya untuk melaporkan mereka. Si empat orang itu menangis tersedu-sedu di kelas dan kelas saya langsung menjadi sunyi merasakan derita mereka. Tapi apa yang terjadi selanjutnya? Mereka tidak jadi di DO, yang ada adalah salah satu dari mereka MENGGANTIKAN saya menjadi ketua kelas! WHAT! APA! Kenapa? Kenapa bisa begitu? Alasan apa? Ternyata selidik punya selidik, teman saya (sebut saja Bruno) dipilih menjadi ketua kelas agar memiliki rasa tanggung jawab dan dapat memperbaiki diri. Tapi kenapa jabatan saya yang ditelikung? Entahlah. Saat itu saya benci sama mereka berempat.
Untungnya posisi ketua kelas tidak diberikan kepada saya lagi ketika kelas 3 SMP karena kebetulan di kelas saya saat itu ada anak popluer jadi dialah yang dipilih. Maka kelas 2 SMP adalah saat terakhir menjadi ketua kelas. Tapi jujur saya lega karena berkurang kemeranaan hidup saya. ApakahAnda ada yang pernah menjadi ketua kelas? Bagaimana rasanya? Semoga lebih baik dari saya yang merana.   

             


  

5 comments:

  1. Epic !!
    Cerita yang seru..
    Saya ngekek-ngekek bacanya :)

    ReplyDelete
  2. Busehh masih inget aja ya cerita SD,,hahaha

    ReplyDelete
  3. Oh ya saya lupa kalo pas di kelas demit itu (2 SMP), kelas saya pernah disuruh guling-gulingan di lapangan pas olah raga di siang bolong. Guling-gulingan dari ujung ke ujung karena ga bisa baris dengan bener dan guru olah raga kami juga kesel dengan kenakalan kami. Bayangin aja 30 sekian remaja yang tidak imut disuruh guling-gulingan padahal tentara aja bukan. Haha.

    ReplyDelete
  4. Hiyahahaha gue mampir sini karena lupa sama teks lagu "nah loh nah loh anak orang dinangisin". Berakhir pada cerita nostalgic ini hahaha. Khuomphowr Ghuash! x''''D

    ReplyDelete