Sunday, February 3, 2013

kenapa saya lebih sering nonton sendirian?

Sudah tidak terhitung berapa kali saya nonton film di bioskop sendirian tapi saya masih ingat pertama kali saya menonton sendirian di bioskop, yaitu ketika nonton Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dan jam tayang yang 21.30 malam minggu DI 21 Bintaro Plaza waktu masih kelas 1 SMP. Waktu itu 21 Bintaro Plaza masih di lantai 2 loh, di tempat Rumah Kita sekarang berada. Jadi ceritanya begini, saat itu saya ingin nonton film itu lagi padahal di saat yang bersamaan ada Monsters, Inc. tapi saya tetep ngotot pengen nonton Harry Potter lagi. Tapi tidak ada kakak saya yang mau menonton lagi karena sudah menonton sebelumnya. Tapi saya sangat suka dengan film pertama Harry Potter itu. Akhirnya pada saat itu kakak dan ayah saya berencana menonton Traffic dan saya pun ngintil ikut mereka. Seingat saya, ayah dan kakak saya sama sekali tidak khawatir melepas saya nonton malem-malem sendirian pula padahal saya masih kecil, lugu dan menggemaskan, haha, walaupun mereka nonton juga tapi dengan film dan studio yang berbeda. Akhirnya nonton lah saya sendirian. Saya masih ingat waktu itu duduk di baris A paling pinggir dekat tangga. Yah, orang tua saya itu kalau nonton di bioskop itu pasti baris A atau B. Dan masuklah saya ke dalam studio yang kalo ga salah saat itu studio 1. Lumayan deg-degan loh. Bayangin anak kelas 1 SMP kucluk-kucluk sendirian malem-malem nonton di bioskop. Tapi Alhamdulillah ga ada masalah apa-apa. Saya janjian dengan ayah dan kakak saya di lobi 21.
Nah dari situ udah ga terhitung berapa kali saya nonton sendirian. Film-film seperti Ada Apa dengan Cinta?, Spider-Man, Crash dan yang paling baru Life of Pi saya tonton sendiri. Kenapa ya sering nonton film sendiri? Mungkin karena lumayan banyak jumlah film yang ingin saya tonton di bioskop sedangan teman-teman saya tidak sesering itu nonton di bioskop. Selain itu karena tidak kompaknya jadwal kosong saya dan teman-teman saya. Nonton di bioskop sendiri itu ga buruk kok. Malah enak karena kita bisa menentukan kursi sesuai yang kita inginkan. Selain itu ketika sebelum kerja, saya lebih senang nonton di jam tayang pertama. Kenapa? Karena masih cenderung lebih sepi daripada jam tayang kedua apalagi yang ketiga dan yang keempat. Selain itu, ga ada yang ngajak ngobrol. Ada aja kan ya sifat manusia itu, pasti ada juga aja teman Anda yang kadang odong jadu suka nanya adegannya.
 Tapi saya pribadi mungkin karena malesnya kalau selera kita berbeda dengan teman kita. Misalnya ketika teman-teman saya ngajak nonton This Means War. Saya sudah tahu ulasannya tidak bagus dan saya males banget nonton film romcom di bioskop kalo ga basgus-bagus amat. Nah, pada saat itu diputar juga Tinker Tailor Soldier Spy yang ulasannya bagus banget dan wara-wiri di musim penghargaan pula. Otomatis saya lebih pengen nonton TTSS dong. Apalagi saat itu hari Minggu dimana harga tiket tergolong mahal apalagi buat pengangguran seperti kami. Akhirnya saya berdebat ringan dengan teman-teman saya dan bilang “Kalo nonton This Means War gue ga mau ikut”. Akhirnya ngefek banget kata-kata saya. Haha. Dan menonton lah kami si TTSS itu. Saya suka banget filmnya tapi di tengah-tengah film ketiga teman saya tidur terlelap!! Haha itu lucu banget tapi sekaligus bikin saya ga enak. Mereka pengennya nonton lain tapi saya paksa nonton yang saya mau dan mereka tertidur pulas padahal udah bayar Rp50 ribu. Akhirnya setelah kami keluar studio, saya meminta maaf sama mereka tapi mereka bilang ga masalah karena sebenernya filmnya bagus Cuma terlalu sunyi dan banyak dialog aja. Haha.
Oya selain alasan-alasan di atas, saya juga termasuk orang yang spontan. Jadi sering banget saya nonton tanpa direncanakan. Tiba-tiba nonton, tiba-tiba nonton. Nah kalau sudah begini kan susah dong kalo nunggu orang lain untuk pas jadwalnya dengan saya sedangkan saya maunya nonton saat itu juga. Pernah suatu hari saya baru bangun tidur siang. Karena di samping ada koran Kompas yang ada jadwal bioskop akhirnya saya iseng liat. Ternyata ada film Up dan saya pun punya voucher XXI. Tiba-tiba aja saya langsung mandi dan menuju PIM! Tapi sebelum ke PIM saya bayar semester pendek dulu padahal rencananya bayarnya tidak pada hari itu. Sampailah saya di PIM ternyata saya ketemu banyak sekali teman-teman SMA saya di 21 PIM (waktu itu PIM 1 masih 21 blm XXI) dan kebetulan juga mereka semua mau nonton Up! Asik dan heboh banget kan? Dan selesai nonton saya diajak makan, judulnya mau ditraktir karena kebetulan ada teman saya yang ulang tahun!Seneng banget. Awalnya iseng doang mau nonton, eh malah ketemu rombongan teman SMA dan selesai nonton ditraktir pula! Ga buruk kan yang namanya spontanitas dan nonton sendiri. Coba kalo saya janjian sama teman yang lain, belum tentu nasib saya sehoki itu. Haha.
Tapi ga enaknya nonton sendiri itu adalah ga bisa ngediskusiin bareng-bareng film yang baru kita tonton. Misalkan filmnya seru dan bagus terus saya nonton sendiri, itu rasanya gimanaa gitu. Ujung-ujungnya saya Cuma SMS-an sama temen yang sama-sama suka banget film. Tapi tetep aja kurang berasa. Hal yang juga ga enak dari nonton sendiri adalah ketika nonton film horor. Saya nonton Insidious (yang ngagetin parah tapi norak juga) dan The Woman in Black sendiri. Saya teriak-teriak kaget, ga ada yang bisa diajak teriak-teriak. Sebelah saya kosong. Gimana caranya coba bisa heboh-hebohan parah. Bayangin aja nonton film horor tapi samping saya kosong, Yang ada malah makin horor dan di saat penonton lain nonton rame-rame saya sendirian. Haha.
Tapi saya tetep suka nonton sendiri walaupun memang asik juga kalo rame-rame apalagi kalao itu film horor.Tapi ya mau gimana lagi. Jomblo. Loh?

5 comments:

  1. Saya juga lebih suka nonton sendiri. Alasan utamanya adalah saya malas menunggu kepastian dari teman. Toh yang mau nonton saya kok, jadi saya ga mau kegiatan nonton saya batal hanya karena tidak ada teman.

    ReplyDelete
  2. Menonton di bioskop sendiri menyenangkan. Toh kita juga nggak akan ngobrol waktu film dimulai. Sebuah tempat kencan yang salah kaprah.

    ReplyDelete
  3. Gue juga suka nonton sendirian dengan alasan yang sama seperti yang telah kalian bilang. Tapi pas pacaran cuma dua kali karena dia ngambek kalau tau. tsk!

    ReplyDelete
  4. Haha, ternyata banyak juga yaa yang senang nonton di bioskop sendirian

    ReplyDelete
  5. setuju. salah satu keuntungan dari nonton film sendiri itu kita jadi lebih fokus buat nonton film aja dan gak perlu sibuk pegangan tangan sama pacar (ini ceritanya lagi sombong)

    tapi selama ini aku blm pernah nonton film sendiri di bioskop. kalo emang butuh banget nonton sendiri, mending nonton di rumah.

    ReplyDelete