Saturday, February 27, 2016

Who Will Win, Should Win, Could Win and Should Have Been Nominated #Oscars2016

Here we come again!!! My favorite season of the entire year, the Oscars!!!! Oscar kali ini untuk kedua kalinya dihiasi dengan diskusi #OscarsSoWhite tapi saya tidak mau membahas itu, kita bahas aja ya bagian yang ringan, yaitu siapa yang akan menang, seharusnya menang dan yang seharusnya dinominasikan. Percayalah, terlalu banyak kerja keras tahun lalu yang tidak dinominasikan tahun ini. Ini sih prediksi sok tau saya untuk tahun ini.

1. BEST PICTURE
    Nominasi:
    - The Big Short
    - Bridge of Spies
    - Brooklyn
    - Mad Max: Fury Road
    - The Martian
    - The Revenant
    - Room
    - Spotlight

Will Win: The Revenant
     Sebenarnya saya benci sekali apabila ini terjadi. Dua setengah jam yang hanya diisi dengan gerutuan dan gerendengan Leonardo Dicaprio dengan segala komitmennya yang gila demi memerankan Hugh Glass, yep mulai dari makan hati bison, tidur di dalam kerangka kuda, kedinginan, keberuntungan melebihi kucing sekalipun, dicabik-cabik beruang dan Tom Hardy yang entah ngomong apa. Memang ada beberapa adegan yang wow dan sinematografi yang diberikan Emanuelle Lubezski juga tidak bikin sakit hati tapi sayangnya ketika nonton ini saya lebih merasa seperti nonton beberapa filmnya Terrence Malick ketimbang Inarritu. Sejujurnya saya belum pernah liat Oscar sekompetitif tahun ini. Tapi berhubung The Revenant sudah memenangkan Best Picture-Drama di Golden Globe, Best Film di BAFTA dan Directors Guild Awards jadi menurut saya yang akan menang ya film ini. 

Should Win: I DON'T KNOW. Between The Big Short and Spotlight
    The Big Short memenangkan penghargaan Producer Guild Awards dan Spotlight memenangkan Best Ensemble di Screen Actors Guild Awards, dua penghargaan yang bisa menjadi penanda untuk Best Picture di Oscar. Saya menyukai kedua filmnya walaupun ada satu hal yang saya merasa "kurang sreg" untuk masing-masing film. Saya hanya mengerti kulit permasalahan The Big Short dan menurut saya Spotlight kurang "berapi" . Kurang sreg disini bukan karena jelek ya. Kedua film ini disusun dengan telaten, satu hal yang tidak dimiliki oleh The Revenant.

Could Win: Mad Max: Fury Road
     Film yang paling menghibur di antara semua nominasi. Menyentuh isu feminisme, melahirkan icon terbaru bernama Furiosa, gitaris berapi tanpa tujuan (tapi menghibur), aksi tanpa henti dan tontonan yang gila. Sejujurnya saya paling ini melihat Mad Max menang.

Should Have Been Here: SICARIO (I LOVE IT!!), Carol and Straight Outta Compton
       Carol puitis dan Straight Outta Compton adalah film biopik musik yang tidak tipikal dan cerdas. Tapi favorit saya yang tidak masuk nominasi adalah Sicario, film yang disusun begitu tapi hingga beberapa saat setelah selesai menontonnya pun saya masih merasa deg-degan.


2. BEST DIRECTOR
    Nominasi:
    - Adam McKay "The Big Short"
    - Lenny Abrahamson "Room"
    - Alejandro Gonzales Inarritu 'The Revenant'
    - George Miller 'Mad Max: Fury Road'
    - Tom McCarthy 'Spotlight'

Will Win: Inarritu 'The Revenant'
     Yes, he has vision and I love 21 Grams and last year's champ, Birdman. Tapi The Revenant? Nope. Cukup sudah penjelasan saya di bagian Best Picture. Give the statue to someone else. 

Should Win: George Miller 'Mad Max'
    Mad Max adalah satu-satunya film paling gila, liar dan imajinatif yang saya tonton beberapa tahun terakhir yang tidak menyisakan ruang untuk bernapas meski sedetikpun bagi saya dan Miller bertanggung jawab untuk itu semua. Karier Miller juga telah terbentang selama puluhan tahun. A naked golden statue won't hurt him, right?

Could Win: Adam Mckay 'The Big Short'
    McKay adalah sutradara yang membawa kita ke Anchorman 2 dan Talladega Night. Kini, ia membuat film yang begitu cerdas hingga saya tidak bisa mengerti seutuhnya. Apa yang ia lakukan terhadap The Big Short dijalin begitu rapi dimana kita merasakan sedih, lucu dan muak di saat yang bersamaan. Plus cameo dari Margot Robbie akan diingat sepanjang masa.

Should Have Been Here: Ridley Scott 'The Martian', Todd Haynes 'Carol' and F. Gary Gray 'Straight Outta Compton'
     Sebuah tindakan kriminal ketika Scott tidak dinominasikan disini. Ia adalah sutradara yang telah memberi kita semua Alien, Thelma and Louise, Blade Runner, Gladiator, Black Hawk Down dan Prometheus (oh yeah, I love Prometheus) dan belum pernah menang sekalipun untuk Best Diretor! Seharusnya dengan mudah dia yang menang kategori ini. 
     Todd Haynes seperti melukis sekaligus berpuisi lewat Carol dan F. Gary Gray mampu membuat sebuah film biopik musikal dengan intense tanpa mengikuti pakem tipikal biopik lainnya (nothing to something, ups and downs).
    

3. BEST ACTOR
    Nominasi:
    - Bryan Cranston 'Trumbo'
    - Leonardo DiCaprio 'The Revenant''
    - Michael Fassbender 'Steve Jobs'
    - Matt Damon 'The Martian'
    - Eddie Redmayne 'The Danish Girl'

Will Win: DiCaprio
     Sudah pernah dinominasikan sebanyak 4 kali sebelum ini dan disebut sebagai salah aktor terbaik pada generasinya. Katanya. Saya sendiri tidak pernah mengerti dimana letak hebatnya DiCaprio. Saya baru bisa menyukainya semenjak Django Unchained, sebelum itu? Chao! Lalu kenapa DiCaprio seperti sudah pasti menang? Ya karena dua alasan yang sudah saya ungkapkan, timing dan status bintang besar. Sayangnya DiCaprio menang di kala ia memberikan penampilan yang hanya berisi dia menggerutu tanpa kata. Committed? Yes! The best one? Nope. 

Should Win: Michael Fassbender 'Steve Jobs'
      Kalo mau berbicara salah satu aktor terbaik di generasinya maka jawabannya adalah Fassbender. Lewat perannya sebagai bos Apple, Fassbender memberikan penampilan tanpa cela. Melihat dia mengucapkan jutaan huruf yang ditulis Aaron Sorkin saja sudah membuat saya kehabisan napas. Mengutip kata-kata teman saya, "Asik ya denger Fassbender ngomong aja". Saatmu akan tiba, Nak!! Sabarlah!! 

Could Win: No One. It's solely for Jack Dawson.

Should Have Been Here: Johnny Depp 'Black Mass'
      Semenjak Black Mass diputar di Toronto Film Festival, semua sudah yakin Depp adalah aktor yang sudah pasti akan dinominasikan di Oscar tahun ini. Ketika menonton Black Mass pun saya yakin pada saat itu ia sudah pasti dinominasikan. Kenyataannya ia absen dari semua ajang penghargaan, mulai dari Golden Globe, BAFTA dan tentunya Oscar. Ia hanya dinominasikan di Screen Actor Guild Awards dan Critics Choice Awards. Padahal melihat Depp di film ini membuat saya lega dan bahagia karena aktor yang selama ini saya tahu akhirnya kembali memerankan peran "waras" setelah bertahun-tahun menjalani peran-peran tidak jelas.


4. BEST ACTRESS
    Nominasi:
    - Cate Blanchett 'Carol'
    - Brie Larson 'Room'
    - Jennifer Lawrence 'Joy'
    - Charlotte Rampling '45 Years'
    - Saoirse Ronan 'Brooklyn'

Will Win: Brie Larson 'Room'
    Akhirnya Larson mendapatkan perhatian yang sudah semestinya ia terima sejak beberapa tahun yang lalu. Saya sendiri kurang mendapatkan 'feel' filmnya karena sangat menyukai bukunya dan menurut saya yang seharusnya mendapatkan perhatian adalah aktor cilik Jacob Tremblay. Lebih lanjut lagi, saya pernah melihat ia lebih baik daripada ini, yaitu di salah satu film favorit saya sepanjang masa, Short Term 12. Tapi saya tidak begitu peduli. I like her. The fastest rising star since Jennifer Lawrence, that's what The Hollywood Reporter called her. 

Should Win: Whoever wins, I'm happy except for Jennifer Lawrence
      Apabila Cate Balnchett tidak memenangkan Oscar keduanya dua tahun lalu maka ia berpeluang besar tahun ini dan penampilannya di Carol (walaupun bukan yang terbaik darinya) membuat saya terpukau. Sedangkan Charlotte Rampling telah berkarir puluhan tahun, ini nominasi pertamanya dan ia adalah salah satu aktris paling dihormati plus penampilannya (terutama menjelang akhir film) di 45 Years hampir membuat saya menangis karena begitu menyentuh. Tapi sebenarnya favorit saya adalah Saoirse Ronan. Di Brooklyn, ia menampilkan jangkauan akting yang luar biasa apalagi mengingat umurnya yang begitu belia. Sedangkan Jennifer Lawrence sudah membuat saya muak karena sudah terlalu banyak penghargaan yang diberikan kepadanya dan ia masih berusia 25 tahun!!! Tapi saya cinta Lawrence kok.

Could Win: It's Brie's year! End of discussion.

Should Have Been Here: Emily Blunt 'Sicario' dan Juliette Binoche 'Cloud of Sils Maria'
     Emily Blunt adalah salah satu aktris terbaik yang ada di luar sana dan ia belum pernah sekalipun dinominasikan Oscar! Penampilannya di Sicario cukup tergambarkan pada wajah dan bahasa tubuhnya. Tidak perlu banyak kata-kata terucap, kita dapat memahami dilema dan horor yang dialaminya. Sedangkan Binoche menampilkan performa yang begitu nyata sehingga saya percaya bahwa di kesehariannya, banyak selebriti di luar sana yang begitu berporos pada dirinya sendiri. 


5. BEST SUPPORTING ACTOR
    Nominasi:
    - Mark Ruffalo 'Spotlight'
    - Mark Rylance 'Bridge of Spies'
    - Sylvester Stallone 'Creed'
    - Tom Hardy 'The Revenant'
    - Christian Bale 'The Big Short'

Will Win: Orange Stallone 'Creed"
      He plays himself or the only role he could play for the last 40 years. So just give him an Oscar. Semuanya hanya tentang sentimental dan timing. Sama seperti DiCaprio. Selesai disini pembicaraan kita.

Should Win: Mark Rylance 'Bridge of Spies'
     Bridge of Spies (seperti nominee Best Picture lainnya) dibuat begitu dengan rapi, halus dan seksama walaupun saya tidak begitu bisa menikmatinya selayaknya saya menikmati film Spielberg lainnya. Bridge of Spies adalah tipikal film "It's good but it's not my bite". Kalopun ada yang membuat saya betah duduk selama dua jam di bioskop adalah penampilan Rylance yang begitu gemilang yang terkadang terkesan ambigu apakah ia protagonis atau antagonis. Penampilannya tidak gegap gempita dengan dialog tapi kuat dalam membius saya.

Should Have Been Here: Idris Elba 'Beasts of No Nations' dan Benicio del Toro 'Sicario'
     Sama seperti Depp, Idris Elba juga sudah dipastikan banyak orang akan dinominasikan di Oscar tahun bahkan sejak setengah tahun yang lalu ketika Toronto Film Festival digelar. Penampilannya sebagai 'warlord' yang karismatik tetapi tidak simpatik adalah pekerjaan yang sulit. Andaikan Academy voter cukup waras memberikan ruang baginya, niscaya masalah #OscarsSoWhite tidak akan terjadi. Sedangkan penampilan del Toro adalah penampilan terbaiknya dalam beberapa tahun terakhir. Apabila Mark Rylance CUKUP membuat kita bertanya siapa dirinya di Bridge of Spies, del Toro di Sicario SANGAT membuat saya bertanya-tanya siapa sosoknya dan ia adalah salah satu jantung Sicario.


6. BEST SUPPORTING ACTRESS
    Nominasi:
    - Jennifer Jason Leigh 'The Hateful Eight'
    - Rooney Mara 'Caro'
    - Rachel McAdams 'Spotlight'
    - Alicia Vikander 'The Danish Girl'
    - Kate Winslet 'Steve Jobs'

Will Win: Alicia Vikander 'The Danish Girl'
    Oh yes, Eddie Redmayne di The Danish Girl memang memukau tapi semua perhatian kita justru ada pada Vikander dimana pada tahun 2015 yang lalu memiliki tahun yang gemilang. Ia memberikan kompleksitas penampilan yang rumit. Ia harus mendukung, membantu sekaligus harus patah hati ketika suaminya memutuskan untuk mengganti kelamin. Energi dan jiwanya selalu ada di tiap detik penampilannya. Air matanya sudah cukup membuatnya layak mendapatkan Oscar.

Should Win: Vikander, all the way.

Could Win: Kate Winslet 'Steve Jobs'
    Oooh I love her in Steve Jobs. It's different than any other roles she's ever played. Disini Winslet tidak berperan sebagai wanita nelangsa yang dibelut korset, menarik kan? Menjadi pendamping yang selalu mengimbangi dan menyadarkan bagi Steve Jobs yang sifatnya keras bukan main. Ia bisa mengalah ketika Jobs sedang berapi-api dengan proyeknya tetapi ia juga bisa mengambil sikap ketika Jobs tidak memedulikan anaknya. Kate Winslet berhasil menghidupkan karakter yang begitu tangguh, cerdas, berani dan setia.

Should Have Been Here: Charlize Theron 'Mad Max: Fury Road' dan Kristen Stewart 'Cloud Sils of Maria'
    Mad Max: Fury Rad adalah Furiosa. Bahkan menurut saya subjudul yang seharusnya adalah Fury Furiosa. Charlize menciptakan karakter yang akan terus diingat sepanjang masa sebagai heroine yang tangguh, sekelas Ripley di saga Alien. Ia menghidupkan karakter Furiosa lewat keahliannya, yaitu raut wajahnya yang seringkali cukup menggambarkan kata-kata yang tertulis di naskah. Saya rasa ini adalah kejahatan ketika Charlize tidak mendapatkan pengakuan apapun dari awards season tahun ini. Sedangkan untuk Kristen Stewart, saya saja tidak menyangka akan mengatakan ini. She's that great in Cloud of Sils Maria. Mengimbangi aktris sekaliber Juliette Binoche bukanlah tugas yang mudah. Agak sulit menggambarkan sebagus apa dia di Maria karena tidak ada bombardir kata-kata dalam perannya tapi kehadirannya di tiap adegan begitu kuat terutama ketika ia berlatih membaca naskah dengan karakter yang dimainkan Binoche. Dari si wajah datar menjadi aktris Amerika pertama yang meraih Best Actress di Cesar Awards. 


Itu semua prediksi saya. It's just for fun. Can't wait for Monday Morning! 




No comments:

Post a Comment